Kelebihan dan Kekurangan Mobil Innova yang Perlu Kamu Ketahui

Memilih mobil Innova sebagai kendaraan pribadi maupun untuk keluarga merupakan pilihan yang tepat. Apalagi mobil ini memiliki kapasitas yang bisa muat untuk banyak orang, jadi sangat baik jika digunakan untuk memboyong seluruh anggota keluarga dalam satu mobil.

Toyota Innova begitu legendaris yang sejak tahun 1977 sudah dikenal dengan nama Toyota Kijang. Saat ini, Innova hadir dengan rentang harga 300 – 400 jutaan tergantung pada versi yang dikeluarkan. Biasanya untuk versi tertinggi, harganya berada pada kisaran 400 jutaan.

Tentu harga tersebut sesuai dengan beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh mobil Innova. Tapi, apakah kamu mengetahui apa saja kelebihan yang ada dalam mobil legendaris ini?

Selain kelebihan, ada juga kekurangan dari Innova. Jika kamu belum mengetahuinya, ada baiknya jika kamu menyimak beberapa ulasan berikut ini tentang kelebihan dan kekurangan dari mobil yang satu ini.

Kelebihan Mobil Innova

Dengan harga yang bagi sebagian orang cukup tinggi, tentu tidak pantas jika mobil tersebut tidak memiliki kelebihan. Pasti ada beberapa poin kelebihan yang dimiliki oleh Innova. Apa saja kelebihannya? Berikut ini akan dijelaskan secara rinci.

  1. Sudah teruji lintas generasi

Seperti yang sudah diketahui, Toyota Innova memiliki model yang sebelumnya sudah teruji untuk beberapa generasi. Mobil ini telah hadir menyapa keluarga Indonesia pada tahun 1977.

Menurut beberapa sumber, penjualan mobil ini juga bisa dikatakan stabil. Pasalnya, dari tahun 90-an hingga saat ini, Innova terbukti masih saja berjaya dan mobilnya masih bisa kita semua lihat bersliweran di jalan raya.

Mobil ini juga sering mengalami pengembangan mulai dari Toyota Kijang hingga menjadi All New Innova 2021 dengan desain yang lebih sporty dan terlihan elegan serta mewah. Bahkan ada salah satu versi tertingginya yakni Venturer, sudah punya nomenklatur yang tetap menjadi pilihan sebagai mobil keluarga.

  1. Kabin luas dan nyaman

Sudah tidak perlu diperdebatkan kabin dari Toyota Innova memang luas dan nyaman. Maka dari itu, tak heran jika masyarakat Indonesia menjadikannya sebagai mobil keluarga. Kabinnya masih terasa luas dan nyaman bahkan ketika telah diisi oleh sekitar 7-8 penumpang.

  1. Perawatan mudah dan murah

Lahir dari salah satu perusahaan otomotif yang besar yakni Toyota, layanan after sales dari Kijang Innova ini memang sudah terjamin di seluruh Indonesia. Hal ini terjadi karena kamu bisa menemukan bengkel resmi dan tempat perawatan mobil Innova ini dengan mudah di daerah sekitarmu.

Selain bengkel resmi dan perawatan mudah dilakukan, menurut beberapa informasi, biaya perawatan, pembelian sparepart, dan untuk melakukan aktivitas perbaikan lainnya, biaya yang dikeluarkan cenderung murah.

Kekurangan Mobil Innova

Tak hanya ada kelebihan. Setiap produk atau jasa, pasti juga memiliki kekurangan. Pun hal tersebut ada pada Kijang Innova. Ia juga memiliki kekurangannya tersendiri. Apa saja kekurangannya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

  1. Body terlalu besar

Seperti yang telah diketahui bahwa mobil Innova memiliki kabin yang besar dan membuatnya bisa muat untuk banyak orang. Akan tetapi, di sisi lain hal tersebut juga menjadi kekurangan, yakni menjadikan body dari mobil ini terlalu besar dan terlihat bongsor.

Secara ukuran, mobil ini memiliki dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1,835 mm, dan juga tinggi 1.795 mm. Hal ini menjadikan mobil legendaris ini kurang tepat jika digunakan untuk keperluan sehari-hari. Apalagi jika keadaan kota sedang macet, mobil ini tidak bisa bebas menyalip karena bodinya yang terlalu besar.

Begitu juga jika melewati jalan ketika masuk ke wilayah pelosok, sepertinya mobil ini tidak disarankan untuk digunakan karena akan membuat susah pengemudinya.

  1. Cenderung boros

Sejak kemunculan mobil ini, memang sangat banyak yang mengeluhkan tentang borosnya bahan bakar ketika menggunakannya Ada beberapa kabar yang menyebutkan bahwa tingkat konsumsi bahan bakarnya adalah 8-10 km per liternya. Penggunaan yang cukup boros jika dibandingkan dengan mobil sejenis.

Padahal, yang penting untuk mobil keluarga bukan hanya kenyamanan dan juga performanya, melainkan juga tentang penggunaan bahan bakar dari mobil tersebut.

  1. Harga lumayan tinggi

Puluhan tahun belakangan ini, Innova memang merajai pasar mobil keluarga. Maka dari itu ia bisa tenang dan tetap bisa menguasai pasar sebagaimana biasanya. Tapi untuk saat ini, sebaiknya perlu ada tindakan yang perlu dilakukan.

Wuling, beberapa tahun belakangan ini telah menghadirkan mobil MPV yakni Cortez yang ingin head-to-head dengan Innova. Yang ditawarkan dari Cortez adalah walaupun performa dan fitur yang hampir sama dengan Innova, Wuling berani untuk menetapkan harga sekitar 200-an juta untuk mobil Cortez-nya.

Hal ini tentu jauh berbeda dengan Innova yang harganya berada di kisaran 300 – 400an juta rupiah. Dan tentu, harga tersebut masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan mobil MPV sejenis.

About the author

admin

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *